Thank's for Visiting

9.15.2011

HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MATHEMATICS TEACHING: Action Research of Indonesian Secondary Mathematics Teaching

By: Dr.Marsigit M.A.
Reviewed by: Nurmanita Prima Rahmawati (Mathematics Education Reguler 2009 at http://nurmanitaprima.blogspot.com)

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk secara aktif meningkatkan praktek mengajar matematika dasar dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman nya dengan cara mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Manfaat mencolok dari penelitian ini yaitu pemahaman guru dan situasi belajar mengajar yang akan ditingkatkan. Guru dianggap rekan kerja dalam melakukan penelitian dan peneliti tidak dianggap ahli luar.
Proses penelitian tindakan meliputi analisis masalah dan rencana strategis, pelaksanaan rencana strategis, observasi dan evaluasi tindakan dengan metode yang tepat dan teknik, refleksi atas hasil evaluasi dan tindakan keseluruhan dan proses penelitian.
Penelitian ini mencakup tindakan-tindakan mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam matematika proses belajar mengajar, merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil komunikasi simetris antara peneliti dan guru, menerapkan dan menguji strategi, mengevaluasi efektivitas strategi, mencerminkan hasil, mengidentifikasi masalah, mengulangi siklus dengan meningkatkan praktek, pelaporan temuan.
Hasil dari penelitian tersebut sangat bermanfaat. Darisitu dapat diketahui nvestigasi dan mengembangkan praktek yang baik dalam mengajar Matematika adalah melalui tindakan . Penelitian memberikan guru kesempatan untuk belajar mengembangkan model dalam proses belajar mengajar agar mampu meningkatkan kualitas pengajaran matematika. Namun, penelitian ini mencatat bahwa masih ada banyak sandungan bagi guru untuk melakukan praktek mengajar yang memenuhi kriteria yang digariskan oleh Laporan Cockroft (1982). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas guru matematika yang utama adalah meningkatkan pengajaran matematika dengan memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa , mendorong siswa untuk menjadi pembelajar aktif, pengajaran yang mempunyai mtode-metode yang bervariasi , dan mengembangkan alat bantu pengajaran serta bahan pengajaran.
Secara khusus, penelitian ini merekomendasikan bahwa guru dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa kompetensi akademik melalui pengembangan lembar pekerjaan untuk siswa, mempromosikan kegiatan diskusi, siswa mengembangkan pembelajaran dalam kelompok, membimbing siswa, dan mengembangkan skema untuk komunikasi antara kelompok-kelompok, mendorong siswa untuk menjadi pembelajar aktif melalui pengembangan lembar pekerjaan siswa, siswa mengembangkan pembelajaran dalam kelompok, mengintensifkan dan pemantauan tugas mahasiswa dan pekerjaan rumah, mempromosikan diskusi metode pengajaran, dan memperluas kegiatan pemecahan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar