Thank's for Visiting

9.22.2011

Paper: PROMOTING LESSON STUDY AS ONE OF THE WAYS FOR MATHEMATICS TEACHERS PROFESSIONAL DEVELOPMENT IN INDONESIA: The Reflection on Japanese Good Practice of Mathematics Teaching Through VTR

By : Dr. Marsigit M.A.
Reviewed by : Nurmanita Prtima Rahmawati (Mathematics Education Reguler 2009 at http://nurmanitaprima.blogspot.com)

Sejak awal tahun 2000, telah dibangun kerjasama antara universitas, yaitu pelatihan guru yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi  guru
untuk mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis kompeten
si. Pelatihan yang diadakan didasarkan atas keberhasilan praktek pengajaran matematika melalui rekaman video (VTR : Video Tape Recording). Praktek pengajaran matemetika melalui VTR ini terbukti jelas mendorong dan memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka.
Secara lebih lanjut penggunaan VTR juga dimulai dari pengamatan pelajaran.
Melalui pengamatan VTR, kita belajar
banyak hal untuk kemudian diterapkan dalam kegiatan selanjutnya. Jika diamati, dalam proses belajar mengajar melalui VTR diperlukan ringkasan pendek untuk memahami isi dan kita perlu mengamati beberapa kali VTR untuk memahami isinya dengan jelas. Setelah itu mungkin akan timbil isu-isu yang berguna untuk diskusi di dalam kelas. Manfaat bagi guru di Indonesia misalnya dapat mengamati konteks pelajaran yang berbeda di negara lain (misalnya Jepang) yang juga menggunakan VTR.
Secara umum, kegiatan yang merefleksikan konteks mengajar matematika di Jepang melalui VTR dianggap baik dan berguna oleh guru. Para guru merasa bahwa kegiatan tersebut perlu disosialisasikan daerah lain di Indonesia agar lebih banyak guru yang dapat mempelajari system pengajaran matematika melalui VTR. Mereka merasa bahwa pengajaran melalui VTR ini dapat diterapkan dalam konteks yang ada di Indonesia. Namun juga tidak mudah untuk menerapkannya karena ada beberapa kendala yang berasal dari tingkat kesulitan pelajarannya, kesiapan siswa dan guru, fasilitas pendidikan dan peralatan, metodologi mengajar, alokasi waktu, serta jumlah siswa dan penganggaran. Kekurangan di sebagian besar sekolah di Indonesia adalah kurangnya fasilitas pendidikan juga merupakan salah satu kendala, oleh sebab itu guru harus mampu mengembangkan media pengajaran. Oleh sebab itu, guru perlu meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar. Selain itu mereka  juga perlu meningkatkan kompetensi mereka dalam menyiapkan rencana pelajaran dan menyiapkan lembar kerja siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar